Amazon Prime Air, Pengiriman Paket Pertama dengan Menggunakan Drone

Toko Online terbesar di dunia, Amazon telah berhasil menguji coba layanan Amazon Prime Air di Cambridge, UK, dengan mengantarkan Amazon Fire TV dan sekantong popcorn langsung ke pelanggan dengan menggunakan sebuah drone.

Terobosan ini menunjukkan bahwa pengiriman udara secara otonom bisa menjadi bisnis yang layak lebih cepat dari pikiran, meskipun hanya dinikmati untuk pelanggan tertentu, yang tinggal dekat dengan lokasi pengiriman, dan batas berat kurang dari 2.6kg.

Selain itu, pengiriman hanya tersedia tujuh hari seminggu, drone hanya bisa terbang di siang hari dengan cuaca yang mendukung. Saat ini, percobaan ini hanya dilakukan untuk dua pelanggan, namun Amazon berharap untuk memperluas layanan ini dalam beberapa bulan mendatang. Untuk pelanggan, Amazon Prime Air tersedia tanpa biaya tambahan.

Amazon mengatakan pengiriman yang berlangsung beberapa pekan yang lalu ini, berjalan sendiri dan tanpa dikendalikan pilot manusia dan hanya membutuhkan waktu sekitar 13 menit untuk sampai ke tujuan pelanggan. Keberhasilan itu diumumkan langsung oleh kepala eksekutif Amazon Jeff Bezos, melalui kicauan di akun twitter resminya.

Amazon Prime Air, Pengiriman Paket Pertama dengan Menggunakan DronePeraturan pemerintah di Inggris sebenarnya sangat mendukung untuk perusahaan yang ingin bereksperimen dengan drone, namun pembatasan masih sangat membatasi apa yang diuji Amazon. Perusahaan ini hanya diperbolehkan untuk menguji drone terbang di atas garis di daerah pedesaan dan pinggiran kota; penerbangan di mana satu orang mengoperasikan beberapa drone yang sebagian besar berjalan sendiri tanpa pilot manusia; dan kinerja sensor yang membantu untuk menghindari tabrakan pada drone.

Amazon pertama kali mengumumkan niatnya untuk mengirimkan paket dengan drone pada tahun 2013. Namun pada saat itu, Bezos menyarankan bahwa perusahaan akan mulai pengiriman udara pada tahun 2018, akan tetapi kekhawatiran perihal keamanan masih menjadi masalahnya. Uji coba terbatas terbaru menunjukkan bahwa Amazon masih berniat untuk memulainya pada tahun 2018, meskipun harus melawan banyak keprihatinan melalui keterbatasan peluncuran.

Amazon tidak sendirian di lapangan: saudara eksperimental Google, X, juga ikut karena memiliki proyek serupa yaitu Project Wing. Prototipe yang menggunakan drone, dan ditujukan untuk pengiriman kepada pelanggan pedesaan terutama yang terisolasi.

Dibawah ini adalah video yang merupakan proses bagaimana pengiriman paket menggunakan drone hingga sampai ke pelanggan:

Amazon Prime Air, Pengiriman Paket Pertama dengan Menggunakan Drone | admin | 4.5