Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca di Android, Work!

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak – Penyimpanan dalam smartphone merupakan salah satu sektor yang sangat penting, berfungsi untuk menyimpan sistem ponsel, aplikasi dan file-file sehingga kita membutuhkan yang lebih luas. Penyimpanan internal saja tidak cukup, oleh karena itu kita perlu menambah kapasitas penyimpanan menggunakan SD Card. Namun kelemahan menggunakan SD Card yakni bisa terjadinya kemungkinan rusak.

Kerusakan atau tidak terbacanya Memory Card / SD Card bisa disebabkan berbagai hal. Bisa karena Memori terkena virus dan bisa juga karena ada komponen Memori yang rusak. Dalam kasus ini biasanya terjadi karena kemungkinan anda sering memasukan Memori ke PC yang banyak virusnya, mengakses situs yang terdapat virus ataupun karena kecelakaan kecil seperti Memori yang jatuh ke air, dll.

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca di Android

Baca juga:

Jika hal ini memang menimpa agan dan memorinya rusak dan tidak terbaca lagi, maka sebaiknya jangan dibuang dulu memori tersebut. Karena ada kemungkinan memori agan bisa diperbaiki. Daripadi dibuang dan beli lagi, mending dicoba dulu tips memperbaiki Memory Card yang Rusak atau tidak terbaca berikut.

1. Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak dengan Membersihkan Lempengan Tembaga

Jika lempengan tembaga berwarna kuning kotor maka itu dapat mengganggu Memory card untuk bisa terbaca di perangkat. Oleh karena itu kita harus membersihkan Memory Card tersebut dengan menggunakan penghapus.

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca di Android

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, Siapkan Penghapus berwarna putih
  2. Keluarkan Memory Card dari perangkat
  3. Lalu, Gosokan penghapus pada lempengan tembaga hingga bersih
  4. Jika dirasa sudah bersih, masukan kembali Memory Card ke perangkat
  5. Lalu, periksa apakah sudah terbaca

Jika tidak berhasil menggunakan cara ini, silahkan coba cara selanjutnya.

2. Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Tidak terbaca dengan Men-scan Memori dengan Antivirus Handal

Pada cara ini bisa dilakukan di Android ataupun PC. Namun lebih disarankan di PC, karena lebih handal dan lengkap fiturnya. Sebelum itu, PC atau Android agan harus sudah terinstall Antivirus. Install Antivirus yang handal dan biasanya agan gunakan. Saran saya sih gunakan Avast atau Bitdefender saja.

Jika sudah terinstall Antivirus di perangkat, agan tinggal scan memory card maka akan ketahuan jika Memory Card rusak karena virus atau tidak. Apabila terdapat virus, basmi virus tersebut sampai habis. Jika sudah benar-benar tidak ada virus lagi, masukan kembali memory card ke perangkat dan cek apakah sudah tedeteksi.

3. Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Tidak terbaca dengan Memformat Kartu Memori

Jalan terakhir jika kedua cara diatas tidak berhasil, yakni Memformat Memori secara keseluruahn dan otomatis semua file yang ada di memori termasuk virus-virus akan terhapus. Untuk cara memformat Memory Card, disarankan diformat melalui PC. Selengkapnya, berikut cara memformat Memory Card di PC.

  1. Pertama, keluarkan Memory Card dan siapkan kabel data atau card reader
  2. Hubungkan kabel data atau card reader ke PC
  3. Buka Windows Explorer > Klik kanan pada memori > Klik Format > Start
  4. Masukan kembali memori di HP dan cek sudah terbaca atau belum
 
Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca ini murni berdasarkan pengalaman penulis sendiri. Karena saya sendiri baru saja mengalami masalah ini dan memori saya berhasil kembali terbaca setelah mencoba-coba ketiga cara diatas. Ya saya telah mencoba ketiga cara diatas secara urut mulai dari menggosokan penghapus ke tembaga sampai akhirnya memformat memori baru bisa terbaca lagi.
Oleh karena itu, bagi agan-agan yang memorinya tetap tidak terbaca walaupun sudah mencoba ketiga cara diatas, berarti Memory Card agan sudah rusak parah dan harus beli yang baru. Demikianlah artikal Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca di Android, semoga bermanfaat.
Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca di Android, Work! | admin | 4.5