Penjelasan Lengkap Pengertian, Jenis dan Fungsi Drone (Pesawat tanpa awak)

Penjelasan Lengkap Pengertian, Jenis dan Fungsi Drone – Perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat berbagai produk canggih dan pintar bermunculan. Salah satunya Drone. Drone semula hanya terkenal di beberapa negara Eropa saja dan biasanya digunakan oleh para professional dan militer yang biasanya digunakan untuk kepentingan tertentu.

Berbeda dengan sekarang, Drone sudah digunakan banyak orang dengan model yang lebih mudah digunakan dan digunakan mulai dari para amatir hingga profesional. Bahkan kini Drone sudah menjamur secara cepat di semua kalangan masyarakat dunia tak terkecuali di indonesia. Bahkan di indonesia sendiri tren Drone sangat populer dan sering ditemui, terutama di kalangan anak muda.

Lalu sebenarnya Drone ini teknologi yang seperti apa sih? apakah anda sudah mendapatkan gambaran? mungkin yang pertama kali yang ada dipikiran anda, Drone adalah sebuah alat yang bisa terbang. Yap itu memang benar, mari langsung saja simak penjelasan lengkapnya mulai dari Pengertia, jenis, fungsi dan istilah-istilah umum dalam Drone. Jika anda berkeinginan serius mendalami dunia Drone, maka baca ini sampai selesai.
Penjelasan Lengkap Pengertian, Jenis dan Fungsi Drone

Apa itu Pengertian Drone?

Drone atau Pesawat tanpa awak (dalam bahasa Inggris: Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV) adalah sebuah mesin terbang dengan kendali jarak jauh melalui sebuah remote yang dikendalikan oleh pengguna atau disebut pilot. Dahulu Drone digunakan untuk kepentingan militer seperti misi penyelamatan dan pengintaian. Saat ini Drone memiliki model bentuk yang bervariasi dan digunakan oleh masyarakat umum dengan fungsi tertentu sesuai kebutuhan oleh pemakainya.

Jenis-Jenis Drone

Drone dibedakan dengan melihat jumlah baling-baling. Jenis Drone berdasarkan jumlah baling-baling antara lain:
1. Fixed wing Drone (Single)
Pengertian Drone, Fixed Wing Drone
Parrot DISCO Drone
Drone jenis ini hanya memiliki satu baling-baling dan biasanya berbentuk seperti pesawat terbang komersil pada umumnya. Fixed wing Drone memiliki jangkauan terbang yang lebih luas dan biasanya digunakan untuk mapping (pemetaan). Drone jenis ini juga memiliki daya baterai yang lebih lama karena hanya menggunakan satu baling-baling saja.
2. Multicopter Drone (Multi)
Pengertian Drone, Multicopter Drone
DJI Phantom Drone
Drone jenis ini memiliki jumlah baling-baling yang lebih banyak, ada 3 baling-baling (3Copter), 4 baling-baling (Quadcopter), 6 baling-baling (Hexacopter) dan 8 baling-baling (Octacopter). Multicopter biasanya digunakan untuk berbagai kepentingan terutama fotografi dan membuat film karena baling-balingnya yang banyak sehingga cukup kuat untuk menopang berat kamera. Drone semakin banyak baling-balingnya maka akan semakin stabil dan kuat untuk menopang beban yang besar.

Apa saja Fungsi Drone?

Banyak, Drone memiliki fungsi yang sangat banyak, tergantung kebutuhan si pemakai. Sekiranya berikut fungsi dari Drone.
  1. Berfungsi untuk misi penyelamatan (Bencana Alam atau Korban tragedi)
  2. Untuk Fotografi dan membuat film
  3. Untuk sekedar mainan
  4. Untuk bisnis (misalnya bisnis pengantaran barang)
  5. Untuk misi pengintaian (biasanya dilakukan oleh militer)
  6. Untuk kepentingan Jurnalisme
  7. Untuk penelitian
  8. Sebagai alat pembantu perawatan Insfrastruktur
  9. Dan lain-lain
Sebenarnya mungkin masih ada fungsi lain dari Drone dari yang disebutkan diatas. Namun hanya itu saja yang saya ketahui tentang fungsi Drone.
Jika anda ingin memasuki Dunia Drone, lebih baiknya gunakan dulu Drone yang cocok untuk pemula dan pelajari cara mengendarai dan tips tentang Drone. Pada postingan berikut mungkin saya akan membahasnya. Kurang lebihnya itulah penjelasan lengkap tentang Pengerian, Jenis dan Fungsi Drone. Semoga dapat bermanfaat.
Penjelasan Lengkap Pengertian, Jenis dan Fungsi Drone (Pesawat tanpa awak) | admin | 4.5